Selasa, 11 Januari 2011

Anda Tangkas Saya Puas (Sebuah Kondisi Pelayanan Publik di Indonesia)

Pelayanan umum yang baik semakin menjadi dambaan masyarakat dewasa ini. Kesibukan yang semakin padat dalam kehidupan masyarakat menuntut respon cepat dari pelayanan umum. Apa yang terjadi dalam kenyataan ternyata sangat beragam. Browsing sana-sini, saya menemukan beragam protes maupun pujian kepada berbagai instansi pemerintah yang memberikan layanannya. Saat ini tiap instansi pemerintah memiliki jargon-jargon tersendiri dalam mengorbitkan mutu pelayanannya.


Teringat suatu hari di bulan november 2010. Sudah agak lama memang, namun masih relevan karena sebenarnya ini pengalaman pribadi saya. Pengalaman yang boleh dibilang memuaskan saya rasa. Setiap bulan november saya harus mengurus pembayaran pajak kendaraan bermotor untuk sepeda motor berplat nomor B 6XXX CGX. Terhitung sudah 2 tahun terakhir saya mengurus administrasi di kantor SAMSAT bersangkutan. 



Pengalaman pertama kali tidak terlalu menimbulkan kesan untuk saya. Namun untuk kali kedua saya datang ke sana, kesan memuaskan saya dapatkan setelah semua hal selesai diurus. Hal itu dikarenakan pelayanan yang saya dapatkan memang sangat cepat. Buka tepat waktu, pelayanan lumayan ramah dengan sedikit senyum, dan selesai kurang lebih dalam satu jam. Ya, sudah 2 kali saya dilayani dengan puas seperti itu. 

Perlu dicatat, tulisan ini dibuat murni dari pengalaman pribadi saya. tidak ada motif kekerabatan atau semacamnya di dalamnya. Saya hanya mengapresiasi apa yang telah mereka usahakan selama ini. Dan sekedar info, ternyata menurut megapolitanpos.com pelayanan di kantor SAMSAT bersangkutan telah memenuhi standar ISO.


Jadi memang benar, Anda Tangkas Saya Puas. :D

0 comments:

Posting Komentar